logo

Desa Cilimus Cilimus

JL Perintis No 01 Desa Cilimus 35451
Telp. 083160482358 Email : [email protected]
Kembali

Tanam Bibit Sayur (TAMBIUR) Program Mahasiswa KKN Bersama PKK dan KWT Desa Cilimus

03 Feb 2024
Admin Desa
logo

Telah diadakannya salah satu program kerja dari Mahasiswa KKN Unila Periode 1 Desa Cilimus yaitu Tanam Bibit Sayur (TAMBIUR), program kerja ini adalah salah satu program kerja di sektor lingkungan.

Mahasiswa KKN Unila Periode 1 Desa Cilimus, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran terdiri dari 8 anggota dengan 2 anggota laki-laki dan 6 anggota perempuan. Diketuai oleh Naufal Hanif dan beranggotakan Alfa Rizki, Halim Setiani, Nurul Natsha Berlian, Ayu Fortune Lisa Hutabarat, Yuliana Sari, Dinda Aprillia Defi dan Dina Elvina. Mereka membantu dalam proses penyemaian, pembagian dan penanaman bibit sayur.

Sebagaian besar warga Desa Cilimus memanfaatkan lahan nya untuk menanam sayur-sayuran, termasuk ibu-ibu KWT (Kelompok Wanita Tani) yang mempunyai lahan khusus yaitu green house untuk menanam sayur-sayuran seperti selada, kangkung dan tanaman lainnya. Namun akibat kemarau panjang pada bulan September-Desember 2023 mengakibatkan sebagaian tanaman warga di Desa Cilimus mengalami kekeringan dan mati. Hal ini menyebabkan tanah yang awalnya dimanfaatkan sebagai kebun sayur bagi warga desa menjadi kekeringan dan tidak di tanam kembali. Mengingat curah hujan pada awal tahun 2024 kembali naik, maka kami peserta KKN Unila ingin memanfaatkan kembali tanah tersebut dengan cara menanam bibit sayuran terong dan kacang panjang kembali dimana dari penanaman ini diharapkan dapat memanen hasil sayuran yang lebih bermanfaat bagi ibu-ibu PKK dan KWT.

Pelaksanaan program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2024 dengan melibatkan Mahasiswa KKN Unila, Ibu-ibu PKK dan KWT (Kelompok Wanita Tani). Pelaksanaan program kerja ini diawali dengan senam bersama ibu-ibu PKK dan KWT kemudian dilanjutkan dengan pemberian bibit oleh peserta KKN Unila kepada ibu-ibu KWT dan PKK yang diwakili oleh saudari Helmi Setia ni dan penerimaan bibit diwakili oleh Ibu ketua PKK dan KWT, lalu dilanjutkan dengan kegiatan penanaman bersama bibit sayur terong yang telah disemai dan benih kacang panjang. Tanaman terong ungu biasanya siap panen pada usia 3-4 bulan dan dapat memproduksi buah disekitar usia 5-6 bulan namun hal tersebut tergantug pada faktor cuaca dan kondisi di sekitar wilayah tanam. Sedangkan tanaman kacang panjang mulai berbunga pada umur 30 hari, dan mulai dapat di panen 40-50 hari dan pemanenan dapat dilakukan berkali-kali bisa sampai 10 hingga 15 kali panen. Pemberian dan penanaman bibit tersebut bertujuan untuk mengelola kembali tanah yang tidak dimanfaatkan akibat kekeringan yang melanda selama musim kemarau. Kegiatan ini ditutup dengan makan bersama dan foto bersama. Kegiatan ini berjalan lancar tanpa ada halangan apa pun.

Selain hasil panen yang dapat dimanfaatkan sendiri, program kerja ini bertujuan untuk memanfaatkan kembali lahan masyarakat untuk bercocok tanaman dan juga menciptakan lingkungan yang asri, hijau dan sejuk. Maka dari itu banyaknya manfaat ini membuat ibu-ibu PKK dan KWT (Kelompok Wanita Tani) sangat sesemangat berkontribusi dalam program kerjakerja TAMBIUR ini.

Kategori

  1. Default

Website Resmi

logo

Cilimus

JL Perintis No 01 Desa Cilimus Teluk Pandan

Hubungi Kami

Lokasi Balai Desa

Portal Resmi Sistem Informasi Pemerintahan Berbasis Elektronik

Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Terpadu dan Terintegrasi.

Smart Village Dinas PMDT Provinsi

© metadesa 2024

"Tema NeuroFundamental"